HOLLYWOOD

Just another WordPress.com weblog

A not so light film – Seven Pounds


200px-seven_pounds_posterSetelah Slumdog Millionaire, saya dan keluarga ingin mencari hiburan yang lebih ringan…. yang tidak bikin sedih, mungkin drama ringan seperti A Good Year (2006 oleh Ridley Scott dengan Russel Crowe dan Marion Cotillard). Tapi sayangnya saat ini belum ada kayaknya yah yang seperti itu, jadi pilihan jatuh pada Seven Pounds (SP), film teranyar dari Will Smith.

Will Smith sepertinya ingin mengulangi sukses dramanya setelah drama kisah nyata The Pursuit of Happyness (2006). Ia kembali menunjukkan bahwa ia pun bisa berakting dalam drama serius, non action comedy ala Bad Boys atau Hancock atau Independence Day.

Seven Pounds bercerita tentang kebaikan, tentang seseorang yang ingin “menebus dosa”nya. Will Smith hadir sebagai seorang Rocket Engineer lulusan MIT yang mencuri identitas IRS (Petugas Pajak) adiknya untuk mencari orang-orang yang dapat dibantunya. I dont want to spoil you the film, so I will stop here.

Bagi banyak orang, film ini sayangnya akan terasa lamban dan penuh pertanyaan, terutama di satu jam pertama film ini. Makin lama kita makin menyadari apa yang sedang dilakukan tokoh Will Smith (Tim menyamar sebagai Ben, adiknya). Oh yah, kita mulai bisa membayangkan akhir dari film ini begitu kita lebih mengenal masalah dari tokoh Rosario Dawson.

This film is not necessarily a romantic film. Plot ceritanya sebenarnya sangat sederhana begitu penonton menyadari kronologis peristiwa yang terjadi. Bukan hiburan sejenis yang kami cari sih – ceritanya tidak memiliki banyak kurva tegang dan haru seperti The Pursuit of Happyness.

Akhir-akhir ini memang jarang film ringan yang “make us feel good” sesudahnya yah. Seven Pounds bukan salah satunya. Untungnya film ini didukung oleh berbagai pemeran yang menaikkan kualitas film ini, Rosario Dawson sebagai peran utama wanita, Woody Harrelson sebagai seorang pianis buta, Barry Pepper sebagai teman Tim/Ben, dan Connor Cruise (putra angkat Tom Cruise dan Nicole Kidman) sebagai Tim kecil.

Oh yah, bagi yang bingung sesudah menonton, kok kayaknya judulnya ngga nyambung: Judul film ini mengacu pada drama Shakespeare yang terkenal, The Merchant of Venice (juga sudah difilmkan tahun 2004 dengan Al Pacino). Dalam film itu Antonio, dituntut untuk membayar hutangnya dengan dagingnya. Dalam film ini, Seven Pounds (7 pon, setara dengan 3,5 KG) adalah jumlah yang “dibayar” oleh Will Smith untuk menebus “hutang”nya.

Just Kidding: Moral terpenting film ini adalah: Jangan membaca dan membalas Blackberry Anda sambil menyetir mobil!!

Enjoy this not so light film!

Advertisements

May 31, 2009 - Posted by | INCREDIBLE

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: